Laman

Jumat, 07 Januari 2011

AGAR BATERAI LAPTOP TAHAN LAMA


1. Jangan Pasang Perangkat Eksternal Yang Tidak Diperlukan
perangkat eksternal ini contoh adalah pemakaian dari USB Port. USB eksternal ini adalah pemakan terbesar dari daya baterai anda. jadi, ada baiknya bila kalian semua melepas perangkat eksternal ini, seperti mematikan Wi-Fi, Bluetooth, mouse, speaker eksternal dan lain sebagainya.

2. Jangan Meninggalkan DVD atau CD Di Dalam CD ROM.
kalian juga jangan meninggalkan CD/DVD drive di dalam laptop kalian bila sudah tidak di perlukan. sebuah disk akan terus berputar di dalam drive, dan ini dapat menyebabkan daya baterai akan cepat habis.

3. Periksa Resolusi Layar Anda.
resolusi ini juga ambil bagian dalam masalah penggunaan baterai. ada baiknya kalian menggunakan resolusi yang tidak terlalu terang. Ini dapat membuat Laptop akan menjadi tahan lebih lama. cara untuk menyesuaikannya adalah dengan menggunakan tombol fungsi atau pergi ke menu controlpanel di laptop kalian.

4. Periksa Tingkat Suara.
Cobalah kalian untuk mematikan speaker di laptop kalian dan juga menghindari pemakaian software multimedia seperti Windows Media Player.

5. Hindari Penggunaan Screen Saver.
Untuk mengoptimalkan kinerja baterai agar lebih tahan lama, saya sarankan untuk menonaktifkan fitur Screen Saver kalian.

6. Gunakanlah Hibernate Mode.
Saya yakin, di antara kalian pasti sering menggunakan mode Stand By bukan untuk meninggalkan sementara laptop kalian. Mode Stand By ini sebenarnya memakan daya baterai. walaupun daya yang di pakai tidak terlalu besar, tapi akan berpengaruh untuk mengurangi daya baterai laptop anda. Saya sarankan untuk menggunakan mode Hibernate. mode ini sama seperti Stand By, hanya saja laptop kita ini akan berada dalam keadaan mati atau seperti Shut Down. sehingga akan menghemat penggunaan baterai.

7. Kebersihan Terhadap Laptop anda.
sebuah laptop yang berdebu dan kotor umumnya menghasilkan ventilasi udara yang lebih panas yang sebenarnya mengurangi masa pakai baterai. Kalian harus membersihkan ventilasi udara dari waktu ke waktu. ini akan membantu anda untuk tetap beroperasi pada temperatur yang rendah.

8. Faktor Suhu.
Panas yang berlebihan akan secara perlaha-lahan menghabiskan daya baterai laptop kita. Juga hindari pemakaian laptop di bawah sinar matahari langsung, juga di dalam mobil tertutup.

9. Perawatan Adapter.
Pastikan bahwa adapter pengisian baterai laptop anda adalah asli atau ORIGINAL. karena sebuah adapter yang tidak standar, akan menyebabkan baterai Overload, sehingga baterai akan menjadi cepat rusak.

10. Sesuaikan Penggunaan.
Jika kalian berencana untuk tidak menggunakan laptop selama beberapa hari, pastikan sebelum meninggalkannya baterai kalian harus terisi miniman 40 % . Setelah itu kalian bisa melepaskan baterai itu, dan menyimpannya di tempat teduh dan kering..

3 komentar:

  1. jangan lupa lho bu,jangan terlalu banyak shortcut di dekstop,karena bisa bikin cepet macet (kata temennya bpk saya yg pinter komputer)

    BalasHapus
  2. Oo..ya?? Wah informasi baru nih...Makasih ya

    BalasHapus
  3. oke oke .... saya siapa jal ???
    sory baru bales,,, warnet sering disconnect.....
    padahal dirumah ada modem mirip punya bu yuli ....
    hehehe... harga nya 295 kan bu ?? perdana nya 3 ,,,, sebulan 500mb cuma 25rb.......

    hehehehee......
    by : yuki

    BalasHapus

Tinggalkan komentar anda